PENGARUH BELAJAR ONLINE ( DARING) DIMASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nyoman Vigi Anto Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v4i1.5849

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi manusia dimana keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Hal tersebut sangat erat kaitanya dan saling bergantungan. Suatu bangsa bisa dapat dilihat perkembanganya melalui baik atau buruknya perkembagan pendidikan dari bangsa tersebut. Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan secara sadar atas kemauanya untuk mencerdaskan serta mengembangkan minat bakat yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS (2003) menyatakan bahwa

:„Pendidikan adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan atas kemauanya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik dan tidak membosankan agar siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk memiliki dan mendalami kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.â€

Menurut Azhari (2013:2) menyatakan bahwa pendidikan yang baik dapat menentukan perkembangan dan mewujudkan sumber daya manusia khususnya dalam pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan yang baik tentunya memiliki peranan yang penting untuk membentuk sumber daya manusia yang cakap, cerdas, beriman kepada tuhan, kreatif, dan berakhlak mulia. Proses pembelajaran pada dasarnya adalah upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam kegiatan belajar sehingga mereka dapat mencapai tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan dan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan semestinya.

Author Biography

Nyoman Vigi Anto, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (Covid-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, Volume 109 No. 1-4.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Downloads

Published

2021-10-02

Issue

Section

Articles