Peningkatan Hasil Belajar Pada Sistem Pembelajaran Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Platform Zoom Meeting

Authors

  • Marvinda Rizki Dirgantara Universitas PGRI Palembang
  • Felicita Fadhlilla S.Pd universitas pgri palembang
  • Felicita Fadhlilla S.Pd universitas pgri palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v4i1.5987

Abstract

Abstract

This Classroom Action Study was aimed at describing the online learning outcomes improvement and learning process of Grade V students in SD Negeri 1 Pecangaan  through projects based learning models with using of Zoom Aplication. The research was conducted through two cycles of action. The diagram shows that the exhaustiveness increased from cycle I at 47% to 88% after cycle II. The learning outcomes also improved from cycle I to II at 63.8 and 82.9 respectively. This study concluded that through the using of Zoom Application, there will be improvement at online learning outcomes in thematic learning.

 

Keywords: Learning Outcomes, Online Learning, Zoom Application

 

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran daring dan proses belajar para peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Pecangaan  melalui Model Project Based Learning berbantuan aplikasi zoom. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus tindakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar naik dari siklus I yakni sebesar 47% menjadi 88% setelah siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II dengan masing-masing 62 dan 83. Studi ini menyimpulkan bahwa melalui pengunaan aplikasi zoom, akan ada peningkatan hasil belajar daring pada pembelajaran tematik

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Aplikasi Zoom

Author Biographies

Marvinda Rizki Dirgantara, Universitas PGRI Palembang

lecture of university pgri palembang

Felicita Fadhlilla S.Pd, universitas pgri palembang

Guru SDN 3 Pecangaan

Felicita Fadhlilla S.Pd, universitas pgri palembang

Guru SDN 3 Pecangaan

References

Agus Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak andemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal of Education, Psycology and Counseling Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online: 2716-4446

https://www.researchgate.net/publica tion/340661481 (diakses 28 Juli 2020)

Aqib, Zainal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Hasil Belajar Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suhery, dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru SD Negeri 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 3 2020 https://stp-mataram.e-

journal.id/JIP/article/view/90 (diakses 28 Juli 2020)

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya.

Jakarta: Bumi Aksara

Susanto.Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles