Analisis Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Savi Pada Kelas 4 SDN 2 Jirak
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.7562Abstract
Model pembelajaran SAVI merupakan model pembelajaran yang selalu menyajikan suatu sistem lengkap untuk melibatkan kelima indera dan emosi dalam proses belajar yang merupakan cara belajar yang dilakukan secara alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual, Intelektual) dalam proses pembelajaran dikelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif, Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk menyelidiki keadaan kondisi atau hal lain-lain melalui data. Data tersebut berasal dari naska wawancara, dokumentasi, angket, observasi, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi ataupun dokumen resmi lainnya. Kemudian hasilnya penelitian akan dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian berupa termasuk  kata-kata, dan gambar, daripada angka-anggka sebagai pendukung hasil berupa  penelitian yang diperoleh peneliti. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik melalui penggunaan model pembelajaran SAVI di kelas 4 SDN 2 Jirak dengan nilai motivasi belajar intrinsik sebesar 85% dan motivasi belajar ekstrinsik sebesar 98% dengan nilai rata-rata keseluruhan 91,5% yang masuk ke dalam kategori sangat tinggi.
References
Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Murtadlo, Ali. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: SATUNUSA.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta:
Subadi, Tjipto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: MUP Peers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA cv.
Sumantri ,Syarif. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Adam dan Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA ANANDA Batam. Jurnal CBIS. Vol 3, No 2, 79.
Ananda, Rizki. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinag Kota. Jurnal BASICEDU. Vol 1, No 1, 23-24.
Ernata Yusvidha. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Rewaed Dan Punisment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD. Vol 5, No 2
Haruminati, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Mutiara Singaraja. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4, No 1, 3-4.
Kusumantara, dkk. (2017). Pengaruh E-Learning Schoologi Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Dengan Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Vol 14, No 4, 127.
Manuhutu, Sylvia. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas Viii Smp Negeri 6 Ambo. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 3, No 1, 109-110.
Nita, dkk. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD NEGERI 5 JATIGUWI. Jurnal PGSD UNIKAMA. Vol 4, 340.
Nita, dkk. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD NEGERI 5 JATIGUWI. Jurnal PGSD UNIKAMA. Vol 4, 340.
Pongkedek. Dkk. (2019). Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Jurnal Of Science Education, Vol 2, No 1
Sabrina, Ridha. Dkk. (2017). Faktor Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri Garot Geu Ceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 2, No 4, 111-115.
Jurnal Pujangga, Vol 2, No 2, 106-107.
Sutarna, Nana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Audiotory Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 5, No 2, 120.
Suwardi, Ratifi. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 BAE Kudus. Jurnal EEAJ. Vol 1, No 2, 2.
Melalui Model Pembelajaran SAVI Dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, Vol 2, No 2, 144-145.
Wardani dan Sofyan. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 2, No 4, 373.
Anggraini Ida. (2016). Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Penggunaan Quipper School Di Kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Universitas PGRI Palembang. (Skripsi). Perpustakaan FKIP Universitas PGRI Palembang.
Larassati, Alfina. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Pada Materi Sumber Energi Siswa Kelas V. Universitas PGRI Palembang. (Skripsi).
Tralita, Didet. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Somatis-Audiotory-Visual-Intelektual (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. (Skripsi). http. Diakses pada 14 Maret 2020.