Implementasi Model Project Based Learning Pada Buku Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Puiha Puji Mayada Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yunika Afryaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Muhammad Aqmal Nurcahyo Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/scholastica.v6i2.9556

Abstract

This research is motivated by the policy that elementary school textbooks used in learning should incorporate the project-based learning (PjBL) model, thus requiring further analysis on the level of PjBL implementation in elementary school textbooks. The analysis was conducted on the fifth-grade elementary school textbooks. A descriptive qualitative approach was used in the research, supported by documentation data and structured questionnaires given to teachers. The results of the research show that there is content related to the PjBL model in the fifth-grade elementary school textbooks and it has been implemented to a "sufficient" extent with an achievement score of 70.81%. In further research, a deeper analysis will be conducted on which aspects can support the optimization of PjBL in elementary school textbooks.

References

Ai Sri Nurhayati dan Dwi Harianti Model Pembelajaran Project Based Learning​(PjBL)

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Y. (2011). Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan​PAUD. Bandung: Rizqi.

Afriana, J. (2015). Project Based Learning. Makalah pada Unversitas PendidikanIndonesia.https://www.researchgate.net/publication/289526009. Diakses pada 20 Februari 2021.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo

Aris Kusmanto, Jurnal Inkuiri Vol. 3 No. III, (Surakarta : Universitar Negri Surakarta, 2014)

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Berlin sani. (2014).â€Strategi Pembelajaran didalam Kelasâ€.Alfabeta:Bandung

Bungin Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Creswell, Jhon W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Jakarta: Bumi Aksara, 2004), hlm. 19.

Kemendikbud. (2013). Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Penulisan Buku Ajar Peningkatan Kompetensi Pendidik Pendidikam Nonformal. (Jakarta: Kemendikbud, 2012), hal 5

Khaerudin Kurniawan, Handout Mata Kuliah Menulis Bahan Ajar/Ilmiah. (UPI: FPBS, 2006), (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS), diakses 15 Februari 2021 pukul 10.30 WIB

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru Kelas IV. Jakarta: Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa Kelas IV. Jakarta: Kemendikbud

Muslich, Masnur, (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Made, Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, hlm. 16.

Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud. Mudrajad Kuncoro, (2013). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi†Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Moleong, j, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata, “Metode Penelitian dan Pendidikanâ€, (Bandung: PT.​Remaja Rosdakarya, 2007), 221

Niswara Rika, dkk. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Vol: 7 No: 2 Tahun: 2019

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Richard Adony Natty, dkk. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019 Halaman 1082-1092

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sandu Siyoto dan Ali Sodik.(2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta, 2011), hlm. 308.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Taufik, Taufina dan Lingga. (2020). Penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas v sekolah dasar (studi literatur). Volume 8, Nomor9

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik Integratif), (Jakarta: Kencana, 2014),h 42.

Yunus Abidin. (2007). Desain Sistem Pembelajaran Dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-09-01