PENGARUH TEKNIK CERITA PEMULA DISKUSI (DISCCUSION STARTER STORY ) DALAM MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MAHASISWA

Authors

  • DIAN NUZULIA ARMARIENA

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1116

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh teknik cerita pemula diskusi (disccusion starter story) dalam menulis laporan pengamatan mahasiswa. Metode penelitian mengunakan adalah metode eksprimen one-group pretest-posttes-design. Sampel penelitian adalah kelas VIc yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menulis laporan pengamatan dengan tema “kegiatan di luar kelas“. Simpulan penelitian ini adalah teknik cerita pemula diskusi (disccusion starter story) berpengaruh dalam menulis laporan pengamatan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan uji “t“ pada kelompok eksperimen menunjukan bahwa , harga t 10,56 > 1,994  (t hitunga n > t tabel). Nilai 10,56 adalah harga thitung  untuk tes pada kelompok eksperimen dan nilai 1,994 adalah harga ttabel  pada taraf  signifikasi 5%. Kelompok eksperimen telah mengalami perubahan dalam keberhasilan untuk menulis laporan pengamatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rerata mahasiswa pada tes akhir (posttes) sebesar 84,81 telah berhasil 75% mencapai lebih dari kreateria ketuntasan minimal ( >70 ).

Kata Kunci: Teknik Cerita Pemula Diskusi, Menulis Laporan Pengamatan

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

NUZULIA ARMARIENA, D. (2017). PENGARUH TEKNIK CERITA PEMULA DISKUSI (DISCCUSION STARTER STORY ) DALAM MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MAHASISWA. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1116