KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI

Authors

  • YUSPAR UZER

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa selama digunakan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi menulis karangan argumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah dan peneliti. Anggapan dasar penelitian ini adalah menulis karangan argumentasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam standar isi Mata Pelajaran Bahsa Indonesia SMA Negeri 4 Palembang sudah mempelajari cara-cara menulis karangan argumnetasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Experimental Design atau Quasi Experiment. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes, teknik angket, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes awal dengan hasil tes akhir diperoleh bahwa “to†> “ttabelâ€, yaitu 3,27 > 2,64 pada taraf signifikan 1% dengan d.b. 70. Kenyataan tersebut dapat dikemukakan, yaitu “Keefektifan model Problem Based Instruction dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi di kelas X SMA Negeri 4 Palembnag lebih efektif dari pada model konvensional†terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, hipotesis diterima.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Menulis, Karangan Argumentasi


Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

UZER, Y. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1117