Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MA Muslimat NU Palangka Raya

Authors

  • Ahd Fauzi Universitas islam Nusantara Bandung
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Eva Dianawati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11186

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi masyarakat dan merupakan kebutuhan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Muslimat Nahdlatul UlamaPalangka Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu Kepala madrasah dan Guru di MA Muslimat NU Palangka Raya. Analisis data oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan ketegasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi kepala madrasah pada aspek kinerja guru yang mencangkup, pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin kinerja guru, dan pemberia motivasi. Kinerja guru sudah baik dan berjalan dengan baik hanya saja belum dilakukan dengan maksimal.

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Fauzi, A., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MA Muslimat NU Palangka Raya. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 270–277. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11186