PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI GERAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI DI SMA NEGERI 9 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1119Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran dan koordinasi gerak terhadap keterampilan bermain bola voli di SMA Negeri 9 Padang. Koordinasi gerak diukur dengan menggunakan test lempar tangkap bola kasti, dan untuk mengukur keterampilan bermain bola voli yang terdiri dari tiga bentuk tes yaitu passing atas, passing bawah, dan servis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) tidak terjadi perbedaan yang berarti antara pemain yang dilatih dengan metode global dengan pemain yang dilatih dengan n metode elementer, (2) tidak terdapat interaksi antara metode global dengan koordinasi gerak terhadap peningkatkan keterampilan bermain bola voli, (3) pada koordinasi gerak tinggi, tidak terjadi perbedaan yang berarti antara kelompok yang dilatih dengan metode global dengan kelompok yang dilatih dengan metode elementer terhadap peningkatan keterampilan bermain bola voli, (4) pada koordinasi gerak rendah, tidak terjadi perbedaan yang berarti antara kelompok yang dilatih menggunakan metode elementer dengan kelompok yang dilatih menggunakan metode global terhadap peningkatan keterampilan bermain bola voli.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Bola Voli, Koordinasi Gerak