PENGARUH METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KABUPATEN OKU TIMUR

Authors

  • HAYATUN NUFUS Dosen Universitas PGRI Palembang
  • OKTA NOVIA SARI Mahasiswa Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1121

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode aktif-reflektif dalam menulis berita pada siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Countrol Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 93 orang, dan sampel penelitian berjumlah 62 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji homogenitas bahwa sampel berasal dari sampel yang homogen dengan uji F diperoleh hasil Fhitung < Ftabel = 1,04 < 1,84, dan berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa uji t, hasil thitung = 5,03 dengan db = 60 pada taraf signifikan 5% = 2,00. Dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak, dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga pengujian hipotesis membuktikan ada pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur.

Kata Kunci : Metode Aktif-Reflektif, Menulis, Berita


Downloads

Published

2017-08-03

How to Cite

NUFUS, H., & NOVIA SARI, O. (2017). PENGARUH METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KABUPATEN OKU TIMUR. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1121