PENGARUH METODE CTL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 114 PALEMBANG

Authors

  • MUTTIA RATNA Dosen Universitas PGRI Palembang
  • ADRIANUS DEDY Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode CTL teknik Problem Based Learning dan metode CTL teknik Problem Posing serta kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 114 Palembang, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2.Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok yang diberikan metode CTL teknik Problem Based Learning dan kelompok yang diberikan metode CTL teknik Problem Posing (2) Terdapat interaksi antara metode CTL dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar IPA.

Kata Kunci: Metode CTL Teknik Problem Based Learning dan Metode CTL Teknik   Problem Posing, Kemampuan Berpikir Logis, Hasil Belajar IPA.


Downloads

Published

2017-08-03

How to Cite

RATNA, M., & DEDY, A. (2017). PENGARUH METODE CTL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 114 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1123