UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) PADA SISWA KELAS Vd SD NEGERI 147 PALEMBANG

Authors

  • NUR INDRIANI Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1124

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas Vd dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Team Assisted Individualy (TAI). Subjek penelitian adalah siswa kelas Vd SD Negeri 147 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa >65 dan ketuntasan kelas 85%. Pada siklus 1 diperoleh hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata 62,073, sedangkan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 74,146. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 65,84% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru kelas untuk menerapkan model TAI dalam pembelajaran IPS.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Team Assisted Individualy

Downloads

Published

2017-08-03