PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DI KELAS IV SDN 149 PALEMBANG

Authors

  • SISKA OKTAVERA Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Media Power Point dengan menggunakan model talking stick pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 149 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVF SDN 149 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 50 siswa, dengan rincian 23 perempuan, 27 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar 33 siswa (66%), rata-rata 17,6 dengan kategori tinggi. Hasil evaluasi pada siklus II yaitu siswa yang tuntas berjumlah 44 siswa (88%), rata-rata 84,5 dengan kategori sangat tinggi. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui media PowerPoint dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar, oleh karena itu disarankan untuk para guru pada umumnya agar menggunakan media Power Point  sebagai alternatif media yang bermakna dalam pembelajaran IPS.

Kata kunci :   Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Power Point, Model  Talking Stick.


Downloads

Published

2017-08-03