PENGARUH CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFICACY SISWA SETELAH MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1126Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian corrective feedback tes formatif dan Self-Efficacy matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dengan mengontrol kemampuan awal matematika. Metode penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan treatment by level 2 x 2. Data dianalisis dengan menggunakan analisis covarian (ANKOVA). Sampel penelitian adalah siswa SMP kelas VIII semester ganjil angkatan 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa yang dipilih melalui teknik sampel ramdom sampling. Setelah mengontrol kemampuan awal matematika siswa, secara umum corrective feedback individual tertulis lebih cocok untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP dibandingkan corrective feedback klasikal. Terdapat pengaruh interaksi antara pemberian corrective feedback dengan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. Bagi siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, corrective feedback klasikal lebih cocok untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Bagi siswa yang memiliki self-esteem rendah, corrective feedback individual tertulis lebih cocok untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Disarankan kepada guru matematika agar memberikan corrective feedback setelah pemberian tes formatif dan pemberian corrective feedback tersebut perlu mempertimbangkan self efficacy siswa.
Kata kunci :  Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Power Point, Model  Talking Stick.