IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA BATIK BESUREK BENGKULU SEBAGAI MEDIA DAN ALAT PERAGA PENYAMPAIAN KONSEP KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN

Authors

  • A. Naashir M. Tuah Lubis Universitas Bengkulu
  • Dwi Yanti Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2103

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi etnomatematika batik basurek Bengkulu yang dapat dijadikan media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa bagian-bagian atau bentuk motif pada batik basurek Bengkulu memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep matematika diantaranya kekongruenan, dan kesebangunan yang dapat dijadikan media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan.

 

Kata kunci: Ethnomatematics, batik basurek, media and props, congruence and kesebangunan

 

IDENTIFICATION OF BATIK ETHNOMATEMATICS AS A MEDIA AND TOOLS FOR COMPLETING THE CONCEPT OF CONCEPT OF CONSEQUENCES AND DEVELOPMENT

 

Abstract

The purpose of this research is to identify the ethnomatematics of batik basurek Bengkulu which can be used as media and visual aids of conveying concepts of congruence and kesebangunan. This research is a qualitative research using ethnography method. The result of the research shows that the parts or shape of batik moturek Bengkulu have ethnomatematics related to mathematical concepts such as congruence, and kesebangunan that can be used media and props to convey the concept of congruence and kesebangunan.

 

Keyword: Ethnomatematics, batik basurek, media and props, congruence and kesebangunan

Downloads

Published

2018-09-12