UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2105Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas V.B SD Negeri 19 Palembang. Manfaat penelitian ini untuk mendapatkan teori-teori baru dan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 bulan bertempat di kelas V.B SD Negeri 19 Palembang. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas V.B sebanyak 22 orang dan sumber data diperoleh dari peserta didik, teman sejawat sebagai kolaborator, dan dokumen nilai. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrumen soal tes dan lembar observasi. Penggunaan data menggunakan tehnik tes hasil belajar peserta didik dan rekaman observasi. Data nilai hasil belajar peserta didik dan hasil observasi yang ditulis dalam daftar nilai dan dideskripsikan secara kualitatif. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif komperatif dengan mencermati ketuntasan belajar peserta didik, perolehan nilai, keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran serta kelancaran dan hambatan pembelajaran peserta didik. Sebagai indikator kinerja, diharapkan tercapainya ketuntasan belajar peserta didik 85%. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan prosedur: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada (45.16%), siklus I (70.97%), dan siklus II (87.10%). Dengan demikian sebagian besar peserta didik kelas V.B SD Negeri 19 Palembang mengalami peningkatan hasil belajar.
Â
Kata Kunci: PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Â
EFFORTS TO IMPROVE PKN LEARNING OUTCOMES THROUGH TYPE THINK PAIR SHARE COOPERATIVE LEARNING MODEL
Â
Abstract
Class action research aims to find out whether cooperative learning model Think Pair Share can improve learning outcomes among students grade civics V.B SD Negeri 19 Palembang. The benefits of this research to acquire new theories and be a reference for further research. This study uses a class action research (CAR), which was conducted over three months housed in class V.B SD Negeri 19 Palembang. As research subjects are students class V.B many as 22 people and data resources obtained from students, colleagues as collaborators, and documents of value. As a data collection tool used instrument of test and observation sheet. The use of engineering test data using the study of students and recording observations. Data values learning outcomes of students and observations written in the list of values and described qualitatively. Data was analyzed using descriptive qualitative comparative with examining the completeness of learners, the acquisition value, success and failure in the implementation of learning as well as the smooth and barriers to education of students. As an indicator of performance, is expected to achieve mastery of learners 85%. This class action research using the procedure: planning, implementation, observation, and reflection. Results showed increasing learning outcomes of students in (45.16%), the first cycle (70.97%), and the second cycle (87.10%). Thus the majority of learners class V.B SD Negeri 19 Palembang increased learning outcomes.
Â
Keywords: Civics, Model Cooperative Learning Think Pair Share