LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN HUBUNGAN SOSIAL PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2106Abstract
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan fenomena peserta didik memiliki hubungan sosial yang kurang baik, dengan indikasi: suka menjelek-jelekan teman, memperolok-olok satu sama lain, meremehkan antar teman, menertawakan fisik, dan mengancam, sehingga munculnya kebiasaan yang tidak saling menghargai satu sama lain, Metode peneltian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat pengumpul data wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah, peserta didik kelas VIII SMP N 1 Lubuk Alung, koordinator dan guru BK, wali kelas serta guru bidang studi. Hasil dari penelitian adalah 1) hubungan sosial yang berorientasi pada peserta didik yang memiliki masalah hubungan sosial terlihat kurang baik, seperti: saat berinterkasi dengan teman sebaya sering membuat perilaku yang tidak disenangi oleh yang lain, 2) penyebab masalah hubungan sosial diantaranya faktor ekonomi, pengaruh teman sebaya dan pola asuh orang tua, 3) hasil pelaksanaan konseling kelompok oleh guru BK menggambarkan bahwa hubungan sosial peserta didik sudah mulai menjadi lebih baik dan peserta didik yang memiliki masalah hubungan sosial sudah dapat mengetahui dampak dari hubungan sosial yang tidak baik terhadap dirinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru BK dalam pelaksanakan konseling kelompok untuk mengembangkan hubungan sosial peserta didik, serta kepada para personil sekolah agar dapat selalu dapat mendukung serta membantu pelaksanaan layanan BK di sekolah
Â
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Hubungan Sosial
Â
GROUP COUNSELING SERVICES TO DEVELOP
SOSIAL RELATIONS LEARNERS
Â
Abstract
This research is based on the phenomenon of the learners have a less good sosial relationships, with indication of: love making friends, intensified each other, disparaging interracial friends, laugh at, and threatened, so the emergence of habits that do not appreciate each other mutually, peneltian Method used i.e. qualitative descriptive by using the tool collecting data through interviews and observations. The source of the data in this study is, learners class VIII SMP N 1 Bottom Alung, Coordinator and teacher of BK, homeroom teacher and field of study. The results of the research are 1) sosial relations oriented learners who have problems of sosial relations looks amateurish, like: when you interact with peers often makes the behavior that is not tolerated by the other, 2) the cause of the problems of sosial relationships among these economic factors, the influence of peers and parents, parenting 3) results in the execution of counseling by teacher groups BK illustrate that sosial relations learners have already started to get better and learners sosial relations that has the problem been able to figure out the impact of the sosial relationships that are not good against him. The results of this research are expected to be a reference for teachers in pelaksanakan BK counseling groups to develop sosial relationships, learners as well as to the personnel of the school in order to always be able to support and assist the implementation of services BK in school.
Â
Keywords: Group Counseling Services, Sosial Relations