PENERAPAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Isnania Lestari Dosen IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2107

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan proses pembelajaran menggunakan model visualization auditory kinestetic (VAK) dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata melalui model visualization auditory kinestetic (VAK) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Betung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas atau yang dikenal dengan istilah classroom action research dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kolaboratif. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut: proses pembelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Betung menggunakan model visualization auditory kinestetic meningkat dengan baik, hasil pengamatan terhadap guru dan siswa diantaranya siklus I pada lembar penilaian IPKG memperolah rata-rata 3,70 dan observasi siswa memperolah rata-rata skor 2,93, dan siklus II pada lembar penilaian IPKG memperolah rata-rata 3,97 dan observasi siswa memperolah rata-rata skor 3,38. Terdapat Peningkatan hasil belajar siswa pada materi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Betung, hasil tersebut diantaranya pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 67,58 dengan ketuntasan klasikal 56,25%, siklus I dengan nilai rata-rata 72,01 dan hasil persentase ketuntasan klasikal 68,75%, dan siklus II dengan nilai rata-rata 78,07 dan hasil persentase ketuntasan klasikal 84,38%.

 

Kata Kunci: Visualization Auditory Kinestetic, Hasil Belajar

 


APPLICATION OF VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) MODEL TO INCREASE STUDENT LEARNING RESULT

 

Abstract

This study aims to prove the learning process using kinesthetic visualization auditory (VAK) model and improving student learning outcomes on menu materials and icons of word processing software through visualization auditory kinestetic (VAK) model in Grade VIII of SMP Negeri 1 Sungai Betung. The method used in this research is classroom action research method or known as classroom action research with Kemmis and Mc Taggart model. The form of research used in this research is collaborative action research. Data analysis technique that is used is descriptive qualitative analysis. Based on the results of pre-cycle research, cycle I, and cycle II can be summarized as follows: ICT learning process in grade VIII SMP Negeri 1 Sungai Betung using visualization auditory kinestetic model improved well, the observation of teachers and students such as cycle I on the IPKG assessment sheet average of 3.70 and student observation obtained average score of 2.93, and cycle II on the scoring IPKG score average 3.97 and student observations average score 3.38. There are improvements in student learning results in menu materials and icons word processing software in grade VIII of SMP 1 Sungai Betung, the results of which in the pre cycle gets an average score of 67.58 with 56.25% classical completeness, the first cycle with an average value 72.01 and the percentage of classical completeness 68.75%, and cycle II with an average value of 78.07 and the percentage of classical completeness 84.38%.

 

Keywords: Visualization Auditory Kinestetic, learning outcomes

Downloads

Published

2018-09-12