EVALUASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Miftha Indasari, Linda Lia, Asnurul Isroqmi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui sikap guru dalam pembuatan RPP kurikulum 2013; (2) mengevaluasi RPP kurikulum 2013 yang dibuat guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian RPP, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu RPP yang dibuat oleh 37 orang guru MI di Kecamatan Indralaya.Berdasarkan hasil angket diperoleh persentase sikap guru dalam membuat RPP kurikulum 2013 sebesar 35% dengan kategori baik. Berdasarkan lembar penilaian RPP diperoleh: (1) skor rata-rata sebesar 3,16 dengan kategori baikuntuk aspek penyusunan RPP; (2) skor rata-rata sebesar 2,72 dengan kategori baik untuk aspek prinsip penyusunan RPP; (3) skor rata-rata sebesar 3,22 dengan kategori baik untuk aspek komponen dan sistematika RPP; dan (4) skor rata-rata sebesar 3,00 dengan kategori baik untuk aspek langkah-langkah penyusunan RPP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa RPP kurikulum 2013 disusun dengan baik oleh guru dan setelah diperbaiki dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013

 

EVALUATION OF LESSON PLAN IN THE CURICCULUM 2013 FOR MADRASAH IBTIDAIYAH TEACHERS

 

Abstract

The objectives of this study are: (1) to find out the attitudes of teachers in making lesson plan in the curriculum 2013; (2) to evaluate lesson plan made by teachers. This studyused descriptive research with qualitative approach. The data were collected usingthe assessment instrument, questionnaire, interview, and documentation. The subject consist of 37 lesson plan. The results of the questionnaire obtained the percentage of teacher attitudes are 35 % (good category). The results of the assessment instrument show that: (1) average score of 3.16 with good category (lesson plan preparation); (2) average score of 2.72 with good category (lesson plan preparation principle); (3) average score of 3.22 with good category (lesson plan component and systematic); (4) average score of 3.00 with good category (lesson plan preparation steps). Lesson plan in the curriculum 2013 is well prepared by teachers and after it is improved it can be implemented.

 

Keywords: Evaluation, Lesson Plan, Curicculum 2013

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.