METODE HYPNOTEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2111Abstract
Abstrak
    Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi mahasiswa di Universitas PGRI Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah mahasiswa mengalami kesulitan dalam hal menulis narasi. Mengingat pentingnya keterampilan menulis narasi, maka penulis menggunakan metode hypnoteaching untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek peneltian ini adalah mahasiswa semester II a Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia berjumlah 43 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester II a yang berjumlah 43 orang. Peningkatan keterampilan menulis narasi dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang mencapai ketuntasan. Hal ini dapat dilihat pada tiap tahapan prasiklus sebesar 34,88%, siklus 1 sebesar 69,76%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,02%,.
Â
Kata Kuci: Menulis Narasi, Metode Hypnotaeaching, Mahasiswa
This research is intended to improve students' narrative writing ability at PGRI University Palembang. The problem in this study was that students experience difficulties in writing narratives. Given the importance of narrative writing ability, the authors use the hypnoteaching method to improve narrative writing skills. The research method used is classroom action research (CAR). The subjects of this research were 43 students of second semester of the Indonesian Language and Literature Education Study Program. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the hypnoteaching method can improve the narrative writing ability of students in the Indonesian Language and Literature Education Study Program for the second semester, totaling 43 students. The improvement of narrative writing skills can be proven by increasing the number of students who attained completeness. This can be seen at each stage of the pre-cycle of 34.88%, cycle 1 of 69.76%, and in cycle II it increased to 93.02%. Keyword : Writing Narration, Hypnotaeaching Method, and Student