PENGARUH PEMBELAJARAN BOLA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA

Authors

  • Bambang Hermansah Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2170

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bola tangan terhadap kemampuan interaksi sosial mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif ex-postfacto. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran bola tangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bola tangan di Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang. (2) Kemampuan interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bola tangan termasuk dalam kategori baik, individu yaitu sebesar 70,7% sedangkan kelompok yaitu sebesar 69%. (3) Hasil observasi juga menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bola tangan termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 71,82%. Kesimpulan, pembelajaran bola tangan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bola tangan di Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang.

Kata Kunci : Bola Tangan, Kemampuan Interaksi Sosial.


THE EFFECT OF HAND BALL LEARNING ON STUDENT'S SOCIAL INTERACTION ABILITY 

Abstract

   The purpose of this study was to determine the effect of handball learning on students social interaction skills. The method used in this study is a descriptive ex-postfacto method. The results of the study: 1) Handball learning has a significant influence on the social interaction ability of students who take part in handball courses in the Sport Education Study Program FKIP Palembang PGRI University. (2) The social interaction ability of students participating in handball courses is in the good category, individuals are 70.7% while the group is 69%. (3) The results of the observations also showed that the social interaction ability of students who participated in handball courses was in the good category, which was 71.82%. Conclusion, handball learning has a positive and significant influence on the social interaction ability of students who take part in handball courses in the Sport Education Study Program FKIP Palembang PGRI University. Keywords : Handball, Social Interaction Ability.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermansah, B. (2016). Pengaruh Latihan Bola Digantung terhadap Hasil Shooting pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Tangan Kelas VIII SMP N 5 Indralaya Utara. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 19. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Hermansah, B. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan terhadap Hasil Belajar Passing dalam Pembelajaran Bola Tangan Mahasiswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan (Online). Volume 16 No. 1 Januari 2018 : 35-41. FKIP Universitas PGRI Palembang.

Maryati, & Suryawati. (2003). Sosiologi 1. Jakarta: Erlangga.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syaodih, N. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. (2000). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2018-09-12