POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DI KELAS: SUATU TINJAUAN BERDASARKAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Herson Kadir

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.276

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menciptakan pola komunikasi yang baik di kelas dan Bagaimana peran guru menjalin komunikasi yang baik dengan siswa di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang baik di kelas dan peran guru menjalin komunikasi yang baik dengan siswa di kelas. Pola komunikasi yang baik di kelas tentunya sangat bergantung dari kemampuan guru selaku pembicara menyampaikan instruksi dan materi di kelas melalui bahasa yang baik dan benar. Penerapan bargaining power dalam membangun pola dan tindak komunikasi yang efektif di ruang kelas perlu didukung oleh iklim sosial terbuka, mandiri, dan persaudaraan, serta memperhatikan point-point penting berupa ketepatan, kejujuran, dan kebenaran (objektivitas). Hal itu perlu diperhatikan agar nilai dan tatanan norma dan etika yang dibangun di dalam diri siswa akan tetap terjaga. Dengan begitu, maka siswa tidak hanya memiliki kecerdasan dan keterampilan berbahasa atau berkomunikasi yang baik, namun memiliki pula mental dan karakter yang positif.

 

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Guru, Siswa dan Sosiologi

Downloads

Published

2015-08-25