HUBUNGAN PENGUASAAN AFIKSASI, KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TUNGGAL PADA SISWA KELAS II SDN DI KECAMATAN PERIUK, KOTA TANGERANG, PROPINSI BANTEN

Authors

  • Adrianus Dedy

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.278

Abstract

Abstrak

          Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara afiksasi, dan pemahaman kosakata terhadap kemampuan menulis kalimat tunggal. Penelitian ini dilakukan di SDN Periuk 1 Kota Tangerang, Provinsi Banten tahun akademik 2012/2013 di semester kedua. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang, yang diambil secara acak (random sampling). Adapun metode penelitian ini menggunakan survey. Adapun hasil penelitian ini meliputi: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan affiksasi terhadap kompetensi menulis kalimat tunggal; 2) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kompetensi menulis kalimat tunggal; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan tata bahasa dan penguasaan kosakata terhadap kompetensi menulis kalimat tunggal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kompetensi menulis kalimat tunggal dapat dilakukan penguasaan affiksasi dan penguasaan kosakata. 

 

Kata Kunci: Pemahaman Afiksasi, Penguasaan Kosakata, Kompetensi Menulis Kalimat Tunggal

Downloads

Published

2015-08-25