PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS II SD DI KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Authors

  • Febriyanti Utami

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.280

Abstract

Abstrak

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas II SD. Metode kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara multistage sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalan. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe kooperatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS, 3) Hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, 4) Hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih rendah dibandingkan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Kata Kunci: Kooperatif, Gaya Kognitif dan Hasil Belajar IPS

Downloads

Published

2015-08-25