PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII4 MELALUI STRATEGI INKUIRI DI SMP NEGERI 1 RANTAU BAYUR BANYUASIN

Authors

  • Lefudin Lefudin

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.282

Abstract

Abstrak

         Penelitian ini berangkat dari latar belakang  belajar bersifat ekslusif (book-oriented), artinya belajar hanya untuk menjawab soal-soal ulangan formatif dan sumatif, belajar bersifat pasif karena belajar tidak disertai proses internalisasi individualistik pada siswa, artinya pembelajaran berpusat pada guru (teacher centre oriented) yang mengacu pada ketuntasan materi, dan  kurang inovatifnya guru dalam memperdayakan siswa dalam belajar. Dari latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini: (1) apakah melalui strategi inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika. (2) apakah melalui strategi inkuiri dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi inkuiri pada pembelajaran fisika. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata yang yang telah dicapai oleh siswa pada siklus pertama yaitu 63,5, kemudian pada siklus kedua nilai rata-rata yang telah dicapai oleh siswa meningkat menjadi 69,2, selanjutnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat dengan nilai 72 pada siklus ketiga. (2) partisipasi siswa dalam proses pembelajaran juga tergolong baik, hal ini diketahui dari masing-masing siklus, pada siklus pertama  rata-rata aktivitas siswa 3,48 selanjutnya pada siklus kedua rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 3,52, kemudian pada siklus ketiga rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 3,58.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, dan Strategi Inkuiri

Downloads

Published

2015-08-25