PENGARUH STRATEGI MASTERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA METHODIST 2 PALEMBANG

Authors

  • Misdalina & Patricia Lubis

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.283

Abstract

Abstrak

Strategi mastery learning atau belajar tuntas bertujuan agar dikuasainya bahan oleh sekelompok siswa yang sedang mempelajari bahan tertentu secara tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh strategi mastery learning dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar di SMA Methodist 2 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh strategi mastery learning dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar di SMA Methodist 2 Palembang.

   Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Berdasarkan perhitungan analisis hipotesis penelitian, bahwa siswa pada kelas yang menggunakan strategi mastery learning dengan metode eksperimen mendapatkan hasil yang lebih besar jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas yang bukan menggunakan strategi mastery learning dengan metode diskusi dan resitasi. Hasil ini terlihat pada nilai rata-rata hasil tes, kelas yang menggunakan strategi mastery learning dengan metode eksperimen ( ) = 88,40 sedangkan pada kelas yang bukan menggunakan strategi mastery learning dengan metode resitasi dan diskusi memperoleh nilai rata-rata ( ) = 72,91. Dari analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik uji t sebagai langkah terakhir untuk mengambil keputusan terhadap hipotesis yang ada, di dapat t     t  yaitu 5,96  1,667 maka H  ditolak dan H  diterima.

 

Kata Kunci: Strategi Mastery Learning, Metode Eksperimen

Downloads

Published

2015-08-25