PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA SHADOW PUPPET PADA SISWA KELAS VII.1 SMP IT INAYAH UJUNG BATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Suheni Suheni STKIP ROKANIA
  • Rita Arianti STKIP ROKANIA
  • Delia Putri STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4425

Keywords:

Menceritakan kembali, teks fabel, media Shadow Puppet

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya  aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII.1 SMP IT Inayah Ujung Batu Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini disebabkan karena aktivitas siswa  yang tidak kondusif untuk mengikuti pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan  peningkatan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menceritakan kembali teks fabel menggunakan media  Shadow Puppet pada Siswa Kelas VII.1 SMP IT Inayah Ujungbatu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode penelitian  ini  adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah  26 orang. Hasil penelitian ini  adalah (1) penggunaan media  Shadow Puppet dalam  menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII.1 dapat meningkatkan kualitas aktivitas  siswa dari siklus I yang dominan berada pada kategori cukup baik dengan persentase 43,85 % menjadi kategori baik juga dengan persentase 43,85 %  pada siklus II, dan (2) terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 19,23 % dengan rata-rata kelas 51,53 menjadi 61,53 % dengan rata-rata kelas 78,61 pada Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,31 % pada Siklus II dengan rata-rata kelas 84,98. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Shadow Puppetdalam menceritakan kembali teks fabel  dapat  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP IT Inayah Ujungbatu Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arianti, Rita.2019. Petunjuk Praktis Pengajaran Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama

Arianti, R., & Ningsih, A. R. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi secara Lisan pada Siswa Kelas X IPA.2 SMA Negeri 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Rokania, IV(2), 183–197.

Ayuandia, N.,Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Karyawisata pada Anak Kelompok B Lab School PAUD UNIB Kota Bengkulu. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1), 32–38.

Cahyani, N, A., Djuanda, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Metode Vaks (Visual, Auditory, Kinestethic Sugestopedia) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Materi Memerankan Tokoh Drama. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1571–1580.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Kredo, 2(2), 256–267.

Januria,N, D., Wendra, I ,W.,& Gunatama, G. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Bercerita) melalui Penerapan Teknik Menyelesaikan Cerita Sisw Kelas VII J SMP Negeri 2 Ubud Gianyar. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesa :Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–11.

Kumyati. (2018). Peningkatan dan Keterampilan Bercerita pada Pembelajaran Bahasa Jawa dengan Penggunaan Alat Peraga Wayang Kulit pada Siswa Kelas VI. Journal Elementary School 5, 5(2), 253–260.

Muliawati, H. (2015). Keterampilan Berbicara dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Pragmatik pada Siswa SMA. Seminar Nasional Prasasti (Pragmatik: Sastra Dan Linguistik), 1(1), 90–94.

Nuryanto, S., Abidin, A, Z., Setijowati,U., & Sismulyasih, N, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-nilai Karakter melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94.

Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika, 3(1), 27–42.

Wuryaningtyas, C, J. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif. Jurnal Penelitian, 19(1), 102–108.

Downloads

Additional Files

Published

2020-09-28