PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMP PATRA MANDIRI 2
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4623Keywords:
, Model pembelajaran sinektik.Kemampuan menulis.PuisiAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode True Eksperimental Design Tipe Posstest Only Control Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembang. Hasil nilai perhitungan data belajar siswa menggunakan uji-t (T Test dari Anova) yang terdapat pada sebuah program SPSS versi 19. Menunjukkan bahwa yang berarti jika nilai Sig > 0,05 maka distribusi data homogen, dan jika nilai Sig < 0,05 maka distribusi data tidak homogen. Hasil perhitungan nilai signifikan diatas nilai yang diperoleh ternyata uji-t 0,54 > 0,05. Berarti nilai Sig > 0,05 maka peneliti menyimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembangâ€.
Â
Kata Kunci : Model Pembelajaran Sinektik, Menulis Puisi
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: TINIKA.
Dr. H. Dalman, M.Pd. (2016). Keteramilan Menulis. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Dr. Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: ALFABETA.
Handayani, F. (2016). Keefektifan model pembelajaran sinektik. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK, 1-160.
Hermawan, H. (2006). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya.
Hetilaniar. (2019). Pengaruh Strategi Jumput Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Wahana Didaktika, 17(2), 12-19.https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2499 diakses pada tanggal 13 Febuari 2020
Joyce, B., Weil, M., & Emily, C. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, dkk. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmah, S. (2018). Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Skripsi, 1-16.
Tarigan, P. G. (2008). Menulis. Bandung: Penerbit ANGKASA Bandung.
Trimo, Lavyanto. (2006). Model Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV CITRA PRAJAYA.