DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN BILANGAN CACAH UNTUK KELAS III SD

Authors

  • Frananda Ayu Julianti Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Miftah Indasari Universitas PGRI Palembang
  • Miftah Indasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4674

Keywords:

Desain Didaktis Pembelajaran, Bilang Cacah

Abstract

Penelitian desain mempunyai model berupa bentuk khusus yang mengacu pada studi validasi dan studi pengembangan yaitu Penelitian Desain Didaktis. Hanya saja penggunaan desain didaktis menunjukkan adanya penekanan pada aspek didaktik dalam desain pembelajaran yang lebih mengacu pada teori pembelajaran mikro. Hambatan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu hambatan asal didaktis (akibat sistem pendidikan) dan hambatan epistemologis (pengetahuan siswa yang memiliki konteks aplikasi terbatas).

Kata Kunci : Desain Didaktis Pembelajaran, Bilang Cacah

References

Brosseau (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. The Netherlands: Kluwer Academic Publishers

Fuadiah, N. F (2017), Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan pecahan berdasarkan teori situasi didaktis de sekolah dasar.

Masharafa, volume 6, nomor 1, 16.

Suryadi, D. (2009). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri menuju Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung April 2009.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika Volume 1, Tahun 2013. ISSN 977-2338831., (hal. 3)

Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR) Dengan Matematika Realistik Dalam Pengembangan Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNSWAGATI.

Downloads

Published

2020-01-28