Pengaruh Pembacaan Cerita Kepada Anak dalam Film Baby's Day Out
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.5133Keywords:
Story Reading, Children, Story BooksAbstract
Berdasarkan temuan pada penelitian, terungkap bahwa dengan membacakan cerita kepada anak dapat meningkatkan memori pada anak. Dengan pembacaan cerita secara menerus, anak akan lebih mudah untuk mengingat cerita dalam buku. Temuan peneliti menjadi indikasi bahwa anak dapat mengingat cerita dengan dibacakan buku cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian yaitu pemeran utama dari film Baby’s Day Out, Bink. Temuan penelitian ini secara umum adalah anak akan mudah mengingat cerita dengan dibacakan buku cerita.ÂReferences
Agustina, S., (2017). Perpustakaan Prasekolahku, Seru!. Bandung: CV. Restu Bumi Kencana.
Asfandiyar, Andi Yudha. Creative Parenting Today, Bandung: Kaifa, 2012.
Grant, A. (2019). Doing Excellent Social Research with Documents: Practical Examples and Guidance for Qualitative Researcherse. In Doing Excellent Social Research with Documents.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Leonhardt, Marry.Parent Who Love Reading, Kids Who Don’t: Kiat Menumbuhkan kegemaran Membaca pada Anak. Jakarta: Grasindo, 1997
Nilamsari, N. (2017). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.
Pascalis, O., De Haan, M., Nelson, C. A., & De Schonen, S. (1998). Long-term recognition memory for faces assessed by visual paired comparison in 3-and 6-month-old infants. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 24(1), 249.
Purwasih, W. (2018). Build Skill Literacy of Early Child with Storytelling. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (Vol. 3, pp. 305-316).
Reynolds, G. D. (2015). Infant visual attention and object recognition. Behavioural brain research, 285, 34-43.
Saraswati, C. D. (2019). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan membaca anak dalam memahami isi bacaan.
Tight, M. (2019). Documentary Research in the Social Sciences. SAGE Publications Ltd. https://doi.org/https://www.doi.org/10.4135/9781529716559
Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 2(2), 40-49.
Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56.