Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas IV SD Negeri 41 Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.5299Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, saintifik.Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau. Jenis penelitiannya adalah Research and Development dengan model Dick & Carey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara dan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan yaitu validasi media tergolong dengan kategori dikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,07. Hasil validasi kebahasaan dikategorikan cukup valid dengan skor rata-rata 3. Hasil validasi materi dikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,2. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli, LKS Berbasis Saintifikdikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,7 dari skor maksimal 4,0. Sedangkan hasil penelitian uji perorangan (one to one) tergolong dikategorikan praktis dengan skor rata-rata 4,0, dan hasil uji kelompok kecil (small group) dikategorikan cukup praktis dengan skor rata-rata 3,4, artinya LKS Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau valid dan praktis untuk digunakan.
References
Banawi, A. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Pda Sintaks Discovery Learning/ Inquiry Learning, Based Learning, Project Best Learning.. Jurnal Biology Science & Education: Maluku. 8 (1), 90-98
Gustiawati, R, Arief, D. & Zikri, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fable Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2), 355-360
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Kurniawan, O. & Noviana, E. 2017. Penerpan kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap dan pengetahuan. Jurnal primary program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas rias. 6 (2), 389-390
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya. 02 (01)
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung :ALFABETA
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung :ALFABETA
Widiyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pmbelajaran : pandun praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.