Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning pada Peserta Didik Kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Riska Laily Guru SMA Negeri 10 Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6300

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Mastery Learning

Abstract

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari kurang memahami tentang materi. Bertitik tolak dari uraian di atas, maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari?â€. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di kelas XII IPS.I  pada bulan September s/d November tahun 2018. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran Mastery Learning.  Ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 56,25%, 78,13% dan 87,50 % Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik.

References

Arikunto. S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Made W. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. User. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar .Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-05-28