Penerapan Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Power Point dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di Kelas X IPA1 SMAN 11 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6301Keywords:
Hasil Belajar, Kimia, Media Power PointAbstract
Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media Power Point sudah baik. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah sesuai dengan sintaks yang ada. Guru mengawali pembelajaran dengan pendahuluan, kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu dan membuat siswa antusias. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA1 SMAN 11 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus s.d September tahun 2019. Aktivitas yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media Power Point dikategorikan baik. Aktivitas dominan yang dilakukan oleh guru adalah melatih siswa untuk diskusi dan tampil mempresentasikan materi yang dibawakan oleh kelompoknya secara mandiri. Hal ini sesuai dengan skenario kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif dengan media Power Point. Hasil belajar yang dicapai siswa tiap putaran secara kuantitatif mulai putaran 1, 2, dan 3 mengalami kenaikan masing-masing sebesar 5,3%, 11,1%, dan 17,5%. Dengan demikian berdasarkan analisis deskriptif dapat dikatakan terjadi peningkatan hasil belajar.
References
Ahmadi, Abu. (2001). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Bovee. (1997). Fungsi-fungsi Media Pembelajaran yang Sesuai dalam Penyampaian Pesan. Courland: Business Communication Today.
Depdiknas. (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Slamet. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Surabaya.