PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Authors

  • Tanggon Tanggon
  • Aan Suriadi

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.633

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 14 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 14 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah 82,02 dan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah 72,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa cara belajar siswa aktif (CBSA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan dari hasil analisis data didapat bahwa thitung = 5,521 dan ttabel = 1,648. Jadi thitung > ttabel (5,521 > 1,648), maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran  cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 14 Palembang.

 

Kata Kunci:   Model Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Hasil Belajar

Downloads

Published

2016-08-24

How to Cite

Tanggon, T., & Suriadi, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.633