PENGARUH METODE OBSERVASI LANGSUNG DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF SISWA SMP NEGERI 4 PALEMBANG

Authors

  • Ferri Hidayad

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.636

Abstract

Abstrak

Kemampuan menulis bukan monopoli orang berbakat. Semua orang akan mampu menulis jika berlatih secara benar. Tujuan mempelajari menulis tiada lain adalah agar memiliki kemampuan menulis, dan dapat memanfaatkan kemampuan itu untuk berbagai keperluan. Masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh metode observasi langsung dalam menulis karangan siswa SMP Negeri 4 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh menulis karangan dengan menggunakan metode observasi langsung di SMP Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk mengetahui data yang diperlukan digunakan teknik tes. Data yang telah diperoleh tersebut diolah dan dianalisa dengan menghitung nilai rata-rata dan standar deviasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh data yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan tes dengan metode observasi langsung yaitu kelas VII.1 dan kelas yang tidak diberikan perlakuan pemberian tes dengan metode observasi langsung yaitu kelas VIII.2. Hal ini dapat terlihat nilai tes akhir dari kedua kelas tersebut, kelas yang diberikan perlakuan pemberian tes dengan metode observasi langsung mendapatkan nilai rata-rata 73, nilai rata-rata tersebut lebih besar dibandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan yang hanya mendapatkan nilai rata-rata 55.

 

Kata Kunci: Metode Observasi Langsung dan Karangan Deskriptif

Downloads

Published

2016-08-24