PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER 2B PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.637Abstract
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan teknik modelling pada pembelajaran menulis teks berita terkini dalam bahasa Inggris mahasiswa semester 2B program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan teknik modelling pada pembelajaran menulis teks berita terbaru hari ini dalam bahasa Inggris mahasiswa semester 2B program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu kategori one short case study. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada mahasiswa kelas 2B pada pembelajaran menulis teks Berita update dalam bahasa Inggris mahasiswa semester 2B program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia selama 2 kali pertemuan. Presentase keaktifan mahamahasiswa pada indikator I (Aktivitas Visual) dengan rata-rata (69,61%),. Indikator II (Aktivitas Lisan) dengan rata-rata (75,49%). Indikator III (aktivitas mendengar) dengan rata-rata (74,02%) dan Indikator IV (aktivitas menulis) dengan rata-rata persentase (72,95%). Dengan rata-rata keseluruhan indikator keaktifan mahasiswa selama proses belajar mengajar adalah 72,95% atau dikategorikan aktif. Â
Â
Kata Kunci: Teknik Modeling dan Menulis Berita