PENGARUH METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPENBERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X DI SMA PGRI GELUMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.639Abstract
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA PGRI Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah control group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa kelas X SMA PGRI Gelumbang. Dari pengolahan data diperolehlah nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 68,56 dan nilai rata-rata post-test 78,90, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 69,05 dan nilai rata-rata post-test 85,74. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa to sebesar 5,76, kemudian to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan d.b. = nx + ny - 2 = 32 + 37-2 = 67, diperoleh taraf signifikan 5% = 1,67. Dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak, dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Sehingga pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi.
Â
Kata Kunci: Metode Aktif-Reflektif, Menulis Cerpen