Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Konseling Analisis Transaksioanal

Authors

  • Isra Irman STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6393

Keywords:

Maladjustment, Self Counseling, Program

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkah laku salah suai atay Maladjusment pada peserta didik dalam aktifitas sehari-harinya yaitu peserta didik yang kurang percaya diri dan minder. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi maladjusment remaja berbasis pendekatan konseling analisis transaksional dan menyusun rancangan program pelayanan konseling remaja pada masa pandemi berbasis analisis maladjustment model pendekatan konseling analisis transaksional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 12 Padang sebanyak 643 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 90 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan konseling analisis transaksional di SMA Negeri 12 Padang dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis konseling analisis transaksional berada pada kategori sangat sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan maladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai dengan permasalahan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang dilakukan oleh peserta didik.

Kata Kunci : Model Konseling Ego, Maladjusment, Rancangan Program.

References

Ariani, P. (2017a). Profil Bentuk Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik Dilihat Dari Pendekatan Konseling Ego (Studi Di Kelas VII Dan VIII SMP N 3 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat), JURNAL. Padang : STKIP PGRI Sumbar

Bariyyah Hidayati, K., & . M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137–144. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Hendri, N. (2013). Model-Model Konseling. Jakarta : Perdana Publishing

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar

Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Murti, N. F. (2020). Universitas Muhammadiyah Magelang. Mangelang : UMM 13

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta Alfabeta

Taufik. (2012). Model-Model Konseling. Padang : UNP

Downloads

Published

2021-05-28