Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Konseling Self
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6395Keywords:
Maladjusment, Konseling Self, ProgramAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang melakukan Maladjusment dalam aktifitas sehari-harinya yaitu peserta didik yang mempunyai persepsi ketika tidak memenuhi kebutuhan dianggap sebagai hal negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi maladjusment remaja berbasis pendekatan konseling self dan membuat rancangan program pelayanan konseling remaja pada masa pandemic berbasis analisis maladjustment model pendekatan konseling self. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 12 Padang sebanyak 1.039 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 289 peserta didik diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan konseling self di SMA Negeri 12 Padang dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis konseling self berada pada kategori sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan maladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang banyak dilakukan.
Â
Kata kunci: Maladjusment, Konseling Self, Program
References
Aristiani, Rina.2016. “Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui LayanAN Informasi Berbantuan Audiovisualâ€. Jurnal konseling GUSJIGANG, Vol. 2 No. 2
Aslauri.2019. “Model Rancangan Program Pelayanan Konseling Berbasis Tugas Perkembangan di Kelas X SMA Adabiah 2 Padang (Studi Kelas X SMA Adabiah Padang)â€. Skripsi Bimbingan Dan Konseling. STKIP PGRI SUMBAR. Padang
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung. Rosdakarya, cet 8
Harap,Darwin. 2020. “Teori Carl Rogers dalam Membentuk Pribadi dan Sosial yang Sehatâ€. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 2, No. 2
Hendri, Novi. 2013. Model-model Konseling. Medan: Perdana Publishing.
Lasmana, Nunung. 2016. “Rekontruksi Penafsiran Ayat-Ayat Amtsal Tentang Kaum Munafikâ€. Jurnal Ilmu Alqu’an dan tafsir. Vol. 1, No. 1
Murtadha Muthahhari, Fitra. 2008. Menyingkap Hakikat, Potensi, dan Jati Diri Manusia. Jakarta: Penerbit Lentera.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. 2008. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak.
Taufik. 2016. Pendekatan dalam Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zakiyah, Ela Zain. Humaedi, Sahadi, dan Santoso,Meilany Budiarti. 2017. “Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullyingâ€. Jurnal Penelitian & PPM, Vol. 4, No. 2.
Zarkasih Putro, Khamim. 2017. “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remajaâ€. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. Vol. 17, No 1. Yogyakarta: Universitas Sunan Kalijaga.