MENINGKATKAN KOSAKATA PENGUASAAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MELALUI FILM TERJEMAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i2.641Abstract
Abstrak
Pengajaran dan pembelajaran kosakata merupakan tantangan yang konstan untuk guru maupun siswa karena secara historis telah fokus minimal pada instruksi kosakata. Oleh karena itu, penekanan meningkat pada pengembangan kosakata sangat penting untuk pelajar bahasa Inggris dalam proses pembelajaran bahasa. Masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan film subjudul meningkatkan prestasi kosakata siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan subtitle movie mampu (1) meningkatkan pencapaian vocabulary siswa; dan (2) perbedaan pencapaian kosa kata siswa kelas X antara yang diajarkan dengan menggunakan subtitle movie dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan 20 pertemuan termasuk pretest dan post-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa kelas X setelah mereka diajarkan menggunakan subtitle movie, (2) menggunakan subtitle moviesebagai media dapat meningkatkan penguasaan kosakata, (3) menggunakan subtitle movie atau media audio visual untuk mengajar bahasa Inggris membuat para siswa lebih merasa senang dalam kegiatan belajar mengajar.
Â
Kata Kunci: Kosakata dan Subjudul Film