KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN TATAP MUKA TERBATAS DI TK NEGERI PEMBINA II TANGERANG SELATAN

Authors

  • Agus Nilna Amanina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cintia Kusuma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggita Rahma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6859

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Tatap Muka Terbatas, Anak Usia Dini

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah terpaksa dibatasi atau yang dikenal dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). dengan pembelajaran yang dibatasi peserta didik dapat ikut kegiatan pembelajaran secara bergantian. Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam mendampingi anak belajar. Studi ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam pendampingan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang guru dan 11 orangtua murid di TK Negeri Pembina II Tangerang Selatan. Hasil penelitian didapatkan dari jawaban kuesioner peneliti kepada orang tua.

References

Anwar Dan Ahmad. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: CV Alfabeta

Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.1 41.07

Maimunah Hasan, Pendidikan Anak Usia Dini, (Jogjakarta: Diva Press, 2013), hlm. 20-21

Soekamto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Soekanto, Soerjono. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Purnamasari, A. S. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. Journal of Islamic Early Childhood Education. 1(2): 124-132.

Wardani, A. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Paandemi COVID-19. JURNAL Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 772-782.

Arinalhaq, R., & Suryana, D. (n.d.). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID- 19. Academia Accelerating The World's Research.

Haryani, S., & Sari, V. M. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meniningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai , 4365- 4372.

Parlindungan, D. P., Ghani, M. A., & Nurhaliza, S. (2020). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dimasa Pandemi Covid-19 di SDS Islam An- Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Sundari, S., Herviana, Marini, & Oktavianti, L. (n.d.). Metode Pembelajaran yang Efektif Melalui Media Whatsapp Group dalam Pembelajaran Kognitif.

Suryani, A., Utami, F. B., Endang Mulyaningsih, M., Farida, I., & Rizawati. (2021). Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid Bagi Guru- Guru PAUD Al-Furqon. Surya Abdimas, 450-458.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1138-1150.

Ntekane, Abie. 2014. “Parental Involvement in Education.†Encyclopedia of Applied Developmental Science (April). file:///C:/Users/User/Downloads/Pare ntalinvolvementineducation.pdf.

Sopiah, C. (2020). Pembelajaran Anak Usia Dini Saat Pandemi Copid-19. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 37.

Sevcan Hakyemez-Paul, dkk. 2018. Parental involvement in Finnish day care – what do early childhood educators say?. ISSN: 1350-293X (Print) 1752-1807 (Online) Journal homepage: http://www.tandfonline.com/loi/recr20.

Bartolome, M. T., & Mamat, N. b. (2020). Exploring Parental Involvement in Early Childhood Education in Philippines: A Case Study. The Normal Lights, 170-194.

Downloads

Published

2021-05-28