Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 32 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7231Keywords:
Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share pada mata pelajaran IPS kelas IX.3 SMP Negeri 32 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian ini peserta didik kelas IX.3 dengan jumlah 32 peserta didik. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (53.13%), siklus I (65.63%), dan siklus II (93.75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX.3 SMP Negeri 32 Palembang dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 32 Palembang serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.
References
Basrowi, S. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Lie, A.. (2005). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Sapriya, S. & Nurdin, S. (2006). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.
Solihatin, E. dan R. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Posdakarya
Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.