Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 32 Palembang

Authors

  • Jamal Jamal SMP Negeri 32 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7231

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share pada mata pelajaran IPS kelas IX.3 SMP Negeri 32 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian ini peserta didik kelas IX.3 dengan jumlah 32 peserta didik. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari  pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (53.13%), siklus I (65.63%), dan siklus II (93.75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX.3 SMP Negeri 32 Palembang dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 32 Palembang serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

References

Basrowi, S. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Lie, A.. (2005). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Sapriya, S. & Nurdin, S. (2006). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Solihatin, E. dan R. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Posdakarya

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Additional Files

Published

2022-01-28