Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Penemuan (Discovery) Siswa SMA Negeri 1 OKU
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7232Keywords:
Bahasa Indonesia, Model PenemuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model penemuan (Discovery) pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 OKU. Masalah penelitian adalah apakah ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model penemuan (Discovery) pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 OKU. Penelitian ini menggunakan tindakan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 OKU yang siswanya berjumlah 36 orang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu: pra siklus (50,00%), siklus I (69,44%), dan siklus II (91,67%). Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Penemuan (Discovery) dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 OKU.
References
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Djamarah, Syaiful Bahri. (20020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Siadari. (2001). Model Pembelajaran Penemuan Konsep. Bandung: Remadja Karya.
Poerwodarminto. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Aksarra.
Usman, Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.