Upaya Peningkatan Kinerja Guru SMP Negeri 4 Keluang Secara Periodik Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif

Authors

  • Gawi Widarto SMP Negeri 4 Keluang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7233

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif

Abstract

Hasil data awal yang peneliti peroleh terhadap kinerja guru menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru masih rendah terutama dalam mengembangkan materi pembelajaran. Penelitian tindak kelas ini bertujuan melalui supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru pada empat komponen kompetensi pengelolaan pembelajaran secara periodik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Keluang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tahapan persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus baik siklus I dan siklus II, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif dengan model kolaboratif. Teknik Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitafif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kinerja guru dengan adanya supervisi edukatif kolaboratif baik menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar dijadikan evaluasi proses pembelajaran selanjutnya dan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa

References

Bazrafkan, L., Yousefy, A., Amini, M., & Yamani, N. (2019). The journey of thesis supervisors from novice to expert : a grounded theory study. 1–12.

Bouchamma, Y. (2007). Evaluating Teaching Personnel . Which Model of Supervision Do Canadian Teachers Prefer ? (2005), 289–308. https://doi.org/10.1007/s11092-007- 9025-8.

Budiarti, L., & Supraptono, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Aplikasi Buku Besar Dengan Pendekatan Model Team Assisted Individual (Tasid). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3).

Glickman, C.D (2007). Supervision of Instruction. Boston: Allyn And Bacon Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta: Deputi Mensesneg Bidang Perundang-undangan.

Downloads

Published

2022-01-28