Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran NHT pada Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.7243Keywords:
Model Pembelajaran Numbered Head Together, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model Numbered Head Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas III yang mendapat pembelajaran Numbered Head Together lebih baik daripada siswa di kelas yang mendapatkan pembelajaran biasa melalui pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas III SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 19 Banyuasin I. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t Paired Sampel T-Test. Dari hasil penelitian diperoleh uji-t dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,000 ≤ 0,025 dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisâ€.References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arrahim., Sabrina, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Problem Solving di Sekolah Dasar. Didaktika (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2 (1), 9-14.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013 . Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). statistik Parametrik Penelitian Pendidikan Cetakan Kedua. Palembang: Noer Fikri Offset.
Lestari, K, E; & Yudhanegara, M, R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Mariam, S. et al. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 178-186.
Muliandari, P, T, V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3 (2), 132-140.
Na’im, A., Oktiningrum, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Indiktika (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 (1), 10-20.
Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Pangestu, C, B., Kadir. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 1.
Rahmani, W., Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci (Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika), 4 (1), 17-24.
Runtukahu, J., & Kondou, S. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 148-158.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta.