Pengembangan Modul Dan E-Modul Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning SMA Negeri 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7316Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi melalui model pembelajaran discovery learning yang efektif, praktis, dan valid untuk peserta didik kelas X. Jenis penelitian ini dikembangkan melalui penelitian pengembangan RnD dengan penggabungan model pengembangan Borg and Gall (pretest, analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, validasi di lapangan, revisi produk, dan posttest) dan model pengembangan Martin Tessmer (uji one to one, uji small group, dan filed test). Pada penelitian dengan model pengembangan ini tidak terlalu lama dan untuk skala kecil. Kualitas modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi yang diuji melalui kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil data kevalidan diperoleh dari penilaian validasi ahli materi/isi, bahasa, dan media/penyajian/kegrafikaan dengan kategori sangat valid, data analisis kebutuhan siswa dan guru menyatakan perlu membuat modul dan e-modul pembelajaran menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi agar siswa terampil menulis. Data kepraktisan yang diperoleh dari hasil penilaian terhadap keterlaksanaan modul dan e-modul pada uji one to one dengan kategori sangat baik, uji small group dengan kategori tuntas. Berdasarkan klasifikasi nilai gain pada field test maka efektivitas dari pengembangan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi termasuk kategori tinggi. Pengembangan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi layak digunakan untuk meningkatkan KKM (kriteria ketuntasan minimal). Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan modul menjadi e-modul agar bisa digunakan secara blanded learning yang berbeda dengan penelitian relevan lainnya.
References
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasi Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama Vol.4 N0.2 Juli 2017.
Astuti, Puji dan Febrian. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang IV (2) (2019): 111-119 .
Borg and Gall. (2005). Educational Researchan Introduction, Fourth Edition. New York: Longman.Inc.
Daryanto. (2013). Menusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Das, M. d. (2015 ). Blended Learning: New Approach to be Considered in the Teaching-Learning Process. International Journal of Humanities and Social Studies ( IJHISS) 1(6), 112-116.
Fitriani, F. d. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah . Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika Maret 2020 Vol.4 No.1 e-ISSN: 2615-6881 pp. 16-25.
Krisnanti, D. A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning disertai Nilai-Nilai Islam Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, SNPPM-2, ISBN 978-623-90328-5-2.
LKPP. (2015). Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik. Makasar: LKPP-UNHAS.
Mawardi. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 SD Di Gugus Diponegoro-Tengaran. Scholaria, Vol. 6, No.1, Januari 2016: 127-142 , 129.
Richards, J. C. (2012). Methodology in Language Teaching an Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Rita C Richey. (2014). Developmental Research: Studies of Instructional Design and Development. https://martinis 1960.wordpress.com/2014/05/17paradigma-penelitian-desain-dan-pengembangan/.
Rohmah, F. (2020). Pengembangan Modul Sintaksis Bermodel Discovery Learning untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 20, N0. 1, April 2020 pp.111-120, p-ISSN 1412-0712, e-ISSN 2527-8312.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5 (4), 2156-2163.
Sasitra, C. (2017, Agustus 10). Kaidah Penulisan Bahan Ajar.
Setiawati, M. (2021, November 06). LKM Pembuatan Modul. LKM Pengembangan Bahan Ajar.
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyanto, d. (2013). E-Modul: Multimedia fipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Vol IX, No.2.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Suryosubroto. (2005). Sistem Pengajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.
Susana, A. (2019). Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Polar.
Sya'bani, E. (2021). N-Gain Score. Cara Menghitung N-Gain Score.Diunggah 12 Januari 2021.
Syarif, dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (2) 2012.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited.
Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-Modul. Indramayu: CV. Adanu Abimata.