Peningkatan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Siswa Melalui Pendekatan Saintifik SMP Negeri 2 Payaraman

Authors

  • Kartina Kartina
  • Missriani Missriani
  • Yessi Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7333

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, AKM, Pendekatan Saintifik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi siswa melalui pembelajaran saintifik di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Payaraman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Payaraman terdiri dari 23 orang siswa dengan 10 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi guru dan siswa, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran saintifik dapat meningkatkan kemampuan AKM literasi siswa di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Payaraman yang terlihat dari peningkatan nilai siswa. Pada siklus I hanya mencapai nilai 51,52 meningkat menjadi 67,04 pada siklus II. Peningkatan baru mencapai ketuntasan secara individu namun belum klasikal sehingga lanjut ke siklus III. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 83,7 melebihi KKM 65 sehingga mengalami peningkatan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kemampuan AKM literasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan AKM numerisasi dan lainnya.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Dadang, Iskandar dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.

Aisah, H., Zaqiah, Q., & Supiana, A., 2021. Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan (AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2). 128-135. Diakses http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/ ISSN 2746-2773.

Asyhari, Ardian dan Hartati, Risa. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 4 No. 2 (Oktober 2015) pp. 179 – 191 P-ISSN: 2303-1832 e-ISSN: 2503-023X. Diakses [Online] https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91.

Ermi, Netti. 2016. Penggunaan media lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan. Pp. 37 – 45. Diakses [Online]: https://jp.ejournal.unri.ac.id.

Fuadi, Husnul, dkk. 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 5, Nomor 2, November 2020. ISSN (Print): 2502-7069, ISSN (Online): 2620-8326. Pp. 108-116.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. 2021. Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1568.

Kustandi, Cecep danDarmawan,Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

OECD. 2013. Pisa 2015 draft science framework march 2013. Paris: OECD.

Pamungkas; Rahmania, Probosari; Riezky Maya, dan Puspitasari; Dewi. 2015. Peningkatan literasi membaca melalui penerapan problem based learning pada pembelajaran biologi siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2015, Magister Pendidikan Sains dan Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS Surakarta tanggal 19 November 2015. Pp. 406 – 412.

Rahayu, Sri. 2017. Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017 Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global Ruang Seminar FMIPA UNY, 14 Oktober 2017. Pp. 1 – 16. Diakses [Online] http://seminar.uny.ac.id/semnaskimia/sites/seminar.uny.ac.id.semnaskimia/files/2017/%40-1_Sri_Rahayu.pdf.

Safitri, Ana; Erman; dan Admoko, Setyo. 2016. Pendekatan Saintifk untuk meningkatkan literasi sains SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. e-ISSN: 2252-7710.

Tantri, Ade Asih Susiari. 2016. Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka. Volume 2, No. 1, Juni 2016. pp 1-29.

Downloads

Published

2022-01-31