Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa

Authors

  • Tuti Suryani SD Negeri 212 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7338

Keywords:

Hasil Belajar, PPKn, Teams Game Tournament

Abstract

Proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah serta siswa terlihat pasif. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Games Turnament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn siswa di kelas V di SD Negeri 212 Palembang setelah model pembelajaran Team Games Turnament diterapkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 212 Palembang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan langkah pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Pada penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan observer langsung selama tindakan dan hasil tes kemampuan siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dengan rincian yaitu yaitu pra siklus (33,33%), siklus I (57,58%), siklus II (87,88%). Aktivitas aktivitas belajar siswa juga meningkat yang ditunjukan dengan hasil 66,67 % siswa yang aktif pada siklus I kemudian meningkat menjadi 85,86% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Team Games Turnament dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa

References

Ali, Muhammad. (2000). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Mukhlis. (2005). Penelitian Tindakan Kelas Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Se-Kabupaten Tuban. Tuban.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wartono. (2004). Tema Pelatihan Terintegrasi. SAINS. Buku 4. Jakarta: Penerbit Depdiknas

Downloads

Published

2022-01-28