Peningkatan Kinerja Guru SD Negeri 2 Letang Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin

Authors

  • Suyitno Suyitno SD Negeri 2 Letang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7339

Keywords:

Kinerja Guru, Teknik Lesson Study

Abstract

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dan tanggungjawab guru akan tupoksi, kurangnya perencanaan yang matang, kurangnya pemahaman guru sebagai agen pembelajaran dan belum terbentuknya disiplin sekolah dan iklim budaya kerja sekolah. Bertitik tolak dari uraian di atas, maka masalah penelitian ini apakah melalui teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin dapat meningkatkan kinerja guru SD Negeri 2 Letang. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 12 orang guru SD Negeri 2 Letang dan waktu penelitian pada bulan September s/d Oktober tahun 2019. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan rekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan mampu membentuk tenaga pendidik yang professional dan produktif.. Dibuktikan dari 12 guru pada siklus 1 mencapai rata-rata nilai 67,73 dan siklus kedua mencapai 76,53. Ini menunjukkan ada peningkatan kompetensi guru yang berdampak pada mutu pembelajaran bahkan hasil belajar siswa meningkat

References

Anwar dan Amir. (2000). Administrasi Pendidikan, Teori, Konsep & Issu. Bandung: Bumi Siliwangi

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia,. Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto dan D. Hisyam. (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adi Cita.

Downloads

Published

2022-01-26