Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa SD Negeri 186 Palembang Melalui Penerapan Metode Diskusi Kelompok

Authors

  • Ruzki Machfuzo Maryati SD Negeri 186 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7340

Keywords:

Matematika, Hasil Belajar, Diskusi Kelompok

Abstract

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar siswa SD Negeri 186 Palembang kurang memahami tentang materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Bertitik tolak dari uraian di atas, maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V.A SD Negeri 186 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas V.A SD Negeri 186 Palembang yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2017. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 37,04%, 62,96% dan 92,59%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik

References

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Pekanbaru: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Subroto, S. B. (2000). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-01-26