Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa SMP Negeri 33 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7341Keywords:
Teks Cerita Inspiratif, Bahasa Indonesia, Direct InstructionAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerita inspiratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pembelajaran Direct Instruction siswa kelas IX.2. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 33 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s/d April 2019 atau tahun ajaran 2018/2019, pokok bahasan yang disampaikan adalah menyusun cerita inspiratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 33 Palembang berjumlah 32 siswa, sedangkan partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru atau teman sejawat. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Direct Instruction memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan menulis Teks Cerita Inspiratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IX.2 SMP Negeri 33 Palembang yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus 46,88%, siklus I 65,63% dan siklus II 87,50%.
References
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Armariena, D. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Silbernam, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia
Sugiono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Tarigan, H. G.. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif; Konsep Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.